Makalah ttg diet makanan cair penuh

Makanan ini dapat langsung diberikan kepada pasien atau sebagai perpindahan dari makanan cair jernih ke makanan cair kental.

Makanan Cair Jernih

Sumber pembangun, terkandung dalam protein Protein dalam tubuh merupakan asam amino esensial yang diperlukan sebagai zat pembangun, yaitu untuk: Susunan makanan sama dengan makanan orang sehat, cukup kalori, protein, dan zat gizi lain, tetapi tidak boleh yang merangsang atau dapat menimbulkan gangguan pencernaan, seperti makanan yang terlalu berlemak, terlalu manis atau terlalu berbumbu, dan minuman yang mengandung alkohol.

Makanan cair jernih adalah makanan yang disajikan dalam bentuk cairan jernih pada suhu ruang dengan kandungan sisa residu minimal dan tembus pandang bila diletakkan dalam wadah bening.

Dan juga untuk teman-teman yang selalu memberikan support kepada kami untuk dapat menyelesaikan makalah ini. Makan dengan lauk pauk tahu, tempe, sepotong daging, dan serta mangkuk sayur masih belum cukup memenuhi kebutuhan gizi. Dan masih ada manusia yang tidak acuh pada kesehatan hidupnya sendiri akibatnya banyak berbagai jenis penyakit yang menyerang.

Dimasak matang, jadi tidak setengah matang atau terlalu lama matang 9. Bahan Makanan yang Boleh diberikan Bahan makanan yang boleh diberikan antara lain: Cita Rasa Makanan Banyak faktor yang dapat mempengaruhi daya terima makanan pasien di rumah sakit.

Cita rasa makanan terdiri dari dua aspek yaitu penampilan makanan pada saat dihidangkan dan rasa makanan pada waktu makanan itu dimakan Moehji, BAB II 2.

Memberikan makanan dalam bentuk cair dan setengah cair yang hanya memenuhi kebutuhan gizi. Bahan makanan hanya terdiri dari sumber karbohidrat. Dalam pengelolaan makanan ada 6 prinsip yang harus di perhatikan yaitu: Etiologi Panas bukan merupakan satu-satunya penyebab dari luka bakar, beberapa jenis bahan kimia dan arus listrik juga bisa menyebabkan terjadinya luka bakar.

Diet makanan cair penuh…………………………………………………. Dirumah sakit untuk ukuran makanan tidak menggunakan timbangan, tetapi menggunakan URT Ukuran Rumah Tangga yang sudah diketahui beratnya misalnya 1 mangkok untuk ukuran nasi gram jadi langsung menggunakan takaran URT tanpa timbangan sesuai standar porsi, sedangkan bahan makanan yang lain seperti lauk pauk, sayuran, dipotong-potong dulu sesuai standar porsi yang sudah ada sehingga memudahkan petugas instalasi gizi untuk langsung menyajikan makanan kepada pasien.

Jenis makanan yang diberikan bergantung pada keadaan pasien. Porsi kecil dan diberikan sering Indikasi Pemberian: Oleh sebab itu, mengapa penyakit ini disebut penyakit infeksi karena penyakit ini ditularkan penderita melalui infeksi virus, bakteri maupun parasit yang ditularkan oleh penderita, penularan penyakit ini dapat ditularkan melalui udara, jarum suntik, transfusi darah, serta tempat makan atau minum bekas penderita yang masih kurang bersih saat dicuci, hubungan seksual, dll.

Klasifikasi Luka Bakar Untuk membantu mempermudah penilaian dalam memberikan terapi dan perawatan, luka bakar diklasifikasikan berdasarkan penyebab, kedalaman luka, dan keseriusan luka, yakni: Kecukupan makanan dapat dinilai dengan status gizi secara antropometri.

DIET RUMAH SAKIT.ppt

Besar harapan penulis makalah ini dapat bermanfaat. Pembahasan Kasus 1. Standar makanan rumah sakit, bertujuan untuk memberikan kemudahan pelayanan gizi kepada pasien, di dalam membantu mempercepat proses penyembuhan. Salah satu contoh susu yang dapat memenuhi kebutuhan kalori klien dalam setiap harinya sebagai berikut: Buku saku: Diberikan hanya selama hari 6.

Macam Makanan Cair Penuh Dan Indikasi Pemberian

Meringankan kerja saluran cerna Syarat-syarat diet makanan cair penuh adalah sebagai: Penulis menyadari bahwa penyelasaian makalah ini tidak akan terwujud tanpa adanya bantuan, bimbingan, saran, dan dorongan dari berbagai pihak.

Cara penyajian makanan masak Saat penyajian makanan yang perlu diperhatikan adalah agar makanan tersebut terhindar dari pencemaran, peralatan yang digunakan dalam kondisi baik dan bersih, petugas yang menyajikan harus sopan serta senantiasa menjaga kesehatan dan kebersihan pakaiannya Depkes, 2.

Makanan ini dapat diberikan melalui oral, pipa, atau enteral NGT secara bolus atau drip tetes. Ensure Informasi nilai gizi: Karena kering letaknya lebih rendah dibanding kulit sekitar.

Jenis makanan yang diberikan bergantung pada keadaan pasien. Makanan cair jernih merupakan makanan yang disajikan dalam bentuk cairan jernih pada suhu ruang dengan kandungan sisa reisu minimal dan tembus pandang bila diletakkan dalam wadah bening. Porsi diberikan kesil tapi sering tiap jam Makanan cair kental diberikan kepada pasien yang tidak mampu mengunyah dan menenlan, serta untuk mencegah aspirasi cairan masuk kedalam saluran pernafasan seperti pada penyakit yang disertau peradangan, ulkus peptikum, atau gangguaan struktural atau motorik pada rongga mulut.

Apabila penyakit telah menyerang tubuh maka makanan yang akan dikonsumsi akan dibatasi. Diet ini terbagi menjadi tiga jenis, yaitu, makanan cair jernih, makanan cair penuh, dan makanan cair kental.

Fungsi makanan bagi tubuh Fungsi makanan bukan hanya sekedar untuk menhilangkan rasa lapar, tetapi lebih utama adalah untuk mendapatkan tenaga, mendapatkan zat-zat pembangun bagi sel-sel tubuh, mempertinggi daya tahan tubuh terhadap penyakit, serta untuk menjamin kelancaran segala macam proses yang terjadi di dalam tubuh.Diet Luka Bakar I diberikan pada pasien luka bakar berupa cairan Air Gula Garam Soda (AGGS) dan Makanan Cair Penuh dengan pengaturan sebagai berikut: a.

jam pertama sampai residu lambung kosong diberi AGGS dan Makanan Cair Penuh ½ kkal/ml, dengan cara drip (tetes) dengan kecepatan 50 Author: Nissa Anagh Uchil. Gambar produk-produk makanan cair penuh: Sonde adalah kategori makanan cair penuh dan diberikan tergantung standar diet yang sudah diberikan oleh Ahli gizi ruangan.

Macam-macam sonde yang digunakan di RSU kota mataram yaitu: • Sonde biasa: susu full krim, susu skim, dan gula pasir. • Sonde jantung • Sonde DM tanpa gula pasir, pemanisnya diganti dengan diabetasol Pemberian sonde 5/5(1). Pilihan makanan sehari-hari Anda seharusnya mencakup karbohidrat dan produk padi-padian penuh lainnya,buah-buahan, sayuran, produk susu serta daging, ikan atau makanan yang mengandung protein lainnya.

Seberapa banyak makanan yang perlu seharusnya Anda makan tergantung dari kalori yang dibutuhkan tubuh Anda. Diet Makanan Cair dan Rendah Garam Makalah ini Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Gizi & Diet Disusun Oleh Kelompok 8 Mahasiswa Tingkat II A: 1.

Makanan cair adalah makanan yang mempunyai konsistensi cair hingga ancientmarinerslooe.comn cair diberikan kepada pasienyang mengalami gangguan mengunyah, menelan, dan mencernakan makanan yang disebabkan oleh menurunnya kesadaran, suhu tinggi, rasa mual, muntah, pasca perdarahan saluran cerna, serta pra dan pasca ancientmarinerslooe.comn dapat diberikan secara oral atau ancientmarinerslooe.comt.

Diet Tinggi Serat berdasarkan buku Penutun Diet Sunita Almatsier. Yogatronic Diet. Diet Manual.

Makalah ttg diet makanan cair penuh
Rated 4/5 based on 7 review