Dukungan keluarga terhadap kepatuhan diet pada pasien gagal ginjal kronij

Mardjun F. Graha Ilmu; The relationship between self-efficacy and fluid and dietary compliance in hemodialysis patients. Faktor pengetahuan adalah faktor yang menentukan perilaku seseorang terhadap masalah yang dialaminya.

Hubungan dukungan keluarga terhadap kepatuhan dalam pembatasan asupan nutrisi dan cairan pada pasien gagal ginjal kronik dengan hemodialisa. Self-care management in adults undergoing hemodialysis. Universitas Sumatera Utara; Salemba Medika.

Aloei Saboe Kota Gorontalo [Skripsi].

Buku ajar fundamental keperawatan. Potter dan Perry menyatakan bahwa kepatuhan sebagai ketaatan pasien dalam melaksanakan tindakan terapi. Buku ajar keperawatan medikal bedah. Nephrol Nurs J ;33 4: Widiany FL. Adherence long-term therapies. Tingkat kepatuhan adalah sikap yang ditunjukkan oleh penderita GGK untuk mematuhi diet yang harus dijalani.

Kesimpulan ini menunjukan bahwa ada hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pada pasien gagal ginjal kronik di Irina C2 dan C4 RSUP.

Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan dalam pemabatasan asupan cairan pada klien gagal ginjal kronik yang menjalani terapi hemodialisa di ruang hemodialisa RSUP Fatmawati Jakarta Diharapkan dengan adanya motivasi membuat keadaan dalam diri individu muncul, terarah, dan mempertahankan perilaku pembatasan asupan diet.

Konseling gizi. Promosi kesehatan ilmu perilaku. Asuhan keperawatan medikal bedah dan penyakit dalam. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan dalam mengurangi asupan cairan pada panderita gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa di RSUD dr.

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan asupan cairan pada pasien gagal ginjal kronik dengan hemodialisis di RSUD Prof. Kemudahan untuk memperoleh suatu informasi dapat membantu mempercepat seseorang memperoleh pengetahuan yang baru. Proses dan kegiatan pendidikan pada dasarnya melibatkan masalah perilaku individu maupun kelompok, seperti individu yang berpendidikan sarjana, perilakunya akan berbeda dengan yang berpendidikan sekolah menengah pertama SMP.

Buku ajar ilmu penyakit dalam jilid 2 edisi 3. Kementerian Kesehatan RI; Hubungan dukungan keluarga terhadap kepatuhan diet pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa Hasil penelitian tentang hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan dengan p value 6 0, Tidak ada literatur yang menyatakan bahwa jenis kelamin merupakan patokan untuk menyebabkan seseorang 4 mengalami gagal ginjal kronik.

Ginjal merupakan bagian dari organ tubuh yang terletak retroperitoneal di depan tulang iga ke delapan dan kedua belas. PDF References Desita. Kandou Manado.

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP DAN DUKUNGAN KELUARGA

Misrawati, M.Pasien yang mengalami gagal ginjal kronik pada bulan Mei hingga September berjumlah 80 orang. maka peneliti tertarik untuk meneliti hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pada pasien gagal ginjal kronik di Irina C2 dan C4 RSUP Prof.2%.Prof.

Tabel 6 Tabulasi Silang Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Diet Berdasarkan Kuisioner dan Asupan Natrium Pada Pasien Gagal Ginjal Kronis Yang. Sedangkan tentang dukungan keluarga diperoleh nilai p value (0, > α 0,05) yang berarti tidak ada hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa.

SARAN Bagi responden khususnya pada pasien yang menjalani terapi hemodialisa lebih meningkatkan pengetahuan tentang diet dan mengaplikasikan pengetahuan.

keluarga adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kepatuhan diet pada pasien gagal ginjal kronis dengan terapi hemodialisis. Tujuan: Diketahuinya hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pada pasien gagal ginjal kronis dengan terapi hemodialisis di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Dukungan Keluarga Terhadap Kepatuhan Diet Pada Pasien GGK

Dengan Kepatuhan Diet Diabetes Pada Pasien Diabetes Tipe II Di Puskesmas Sempaja, Samarinda. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional untuk melihat hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan diet diabetes pada pasien diabetes tipe II di Puskesmas Sempaja Samarinda.

Hasil uji statistik dengan menggunakan chi square Yates correction. Pratiwi Y, Endang N. Hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan diit pada pasien diabetes mellitus tipe 2 rawat jalan di RSUD dr. Soediran Mangun Author: Fery Lusviana Widiany.

Dukungan keluarga terhadap kepatuhan diet pada pasien gagal ginjal kronij
Rated 0/5 based on 93 review